Newsletter

KARYA ILMIAH PELUANG USAHA KUE NASTAR UNIK JADI LADANG BISNIS YANG MENARIK

KARYA ILMIAH PELUANG USAHA KUE NASTAR UNIK JADI LADANG BISNIS YANG MENARIK

TUGAS AKHIR MATA KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“ PELUANG USAHA KUE NASTAR UNIK JADI LADANG BISNIS YANG MENARIK








DI SUSUN OLEH :
Nama : NINDY DEVITA SARI
NPM : 15.11.9243
Kelas : 15-S1TI-11
Kelompok J



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STIMIK “AMIKOM” YOGYAKARTA



I.                  ABSTRAK

Menyantap cemilan rupanya sudah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Beragama jenis cemilan aneka rasa kerap kali menjadi produk unggulan yang diminati masyarakat, salah satunya adalah aneka jenis cake dan roti. Hal ini tentu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang peka dengan kebiasaan masyarakat. Dalam karya ilmiah ini, penulis akan membahas “KUE NASTAR UNIK JADI LADANG BISNIS YANG MENARIK”.

Nastar adalah salah satu jenis kue kering berbentuk bulat yang diisi dengan selai buah nanas. Kue nastar bisanya dihidangkan pada saat menyambut hari-hari spesial, seperti Idul Fitri, Natal, Imlek dan hari raya besar lainnya. Nastar sendiri terbuat dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai. Resep kue nastar hampir sama dengan resep kue kering lainnya, yang membedakan hanya terletak pada isi dan hiasannya saja. Kue nastar sering dihias dengan potongan kecil kismis, cengkeh dan keju di atasnya, sehingga membuat kue ini menjadi lebih cantik dan menarik.

Untuk itu bagi yang ingin mencoba membuat kue nastar di rumah, silahkan lihat dalam artikel kali ini mengenai resep dan cara membuat kue nastar yang enak, renyah dan gurih tahap demi tahap. Dari mulai menyiapkan bahan, membuat selai hingga membuat kue nastar. Daripada penasaran, mari kita simak selengkapnya dalam artikel berikut ini :



II.               ISI


Pesona kue nastar menjelang hari lebaran, memang selalu jadi rebutan para pelanggan. Rasanya yang begitu melekat di lidah masyarakat, menjadikan kue nastar sebagai salah satu jenis kue kering yang banyak digemari para konsumen di Indonesia. Tak heran jika peluang tersebut kini dimanfaatkan beberapa produsen kue nastar untuk mendatangkan keuntungan yang cukup besar.
Sebut saja seperti inovasi baru dari nastar yang memberikan sensasi unik, dengan aneka macam toping pada kue nastar yang diproduksinya. Jika biasanya nastar yang beredar di pasaran terbuat dari campuran tepung terigu  dan diisi dengan selai nanas, kini nastar hadir memberikan sentuhan berbeda dengan menawarkan topping keju, strawberry jam, green tea, chocolate, apel, dan lain sebagainya kepada para konsumennya.

Disamping menawarkan pilihan rasa yang beragam, nastar juga memiliki tampilan bentuk yang menarik. Seperti misalnya bentuk nastar pipih tanpa filling nanas, yang cita rasanya diganti dengan rasa keju, green tea, dan lain-lain. Ada juga nastar yang diberi topping strawberry jam, serta nastar yang komposisinya telah ditambahkan green tea (sehingga warnanya berubah menjadi hijau) dan ditambahkan dengan topping chocolate di tengahnya.

Ada juga bentuk yang ketiga yaitu nastar bulat biasa seperti bentuk asli nastar yang banyak beredar dipasaran, kemudian diisi dengan nanas di dalamnya dan ditambahkan pemanis seperti icing apple, strawberry, sampai green tea dengan almond slices. Untuk harga jual nastar, biasanya dibandrol sekitar Rp 70.000- Rp 75.000 per toples. Harga yang cukup pantas untuk mengapresiasikan keunikan nastar.

Nah, selain nastar yang menawarkan inovasi bentuk unik dengan pilihan rasa yang menarik, sekarang ini ada juga black nastar yang rasanya telah diinovasikan dengan campuran chocolate. Jika diperhatikan, bentuknya hampir mirip dengan bola-bola coklat, namun di dalamnya diisi dengan selai nanas yang menjadi ciri khas kue nastar. Tertarik untuk mencobanya?
Berikut kami informasikan salah satu resep black nastar yang bisa Anda coba untuk mendatangkan untung besar dari peluang bisnis lebaran.

Resep Black Nastar



Bahan A :
·         3 kuning telur
·         1 putih telur
·         200 gram margarin
·         100 gram butter
·         250 gram gula palm
·         1/2 sdt garam
Bahan B :
·         425 gram tepung terigu
·         25 gram susu bubuk
·         50 gram coklat bubuk
·         30 gram maizena

Bahan Selai :
·         300 gram gula pasir
·         1 buah nanas

Cara Membuat Selai Nanas :
·         Kupas nanas, cuci bersih, lalu parut
·         Setelah itu masukkan gula pasir, masak hingga matang dan kental
·         Dinginkan hingga bisa dibulatkan kecil-kecil

Cara Membuat Black Nastar:
1.      Pertama-tama kocok seluruh bahan A hingga mengembang
2.      Kemudian masukkan bahan B, aduk hingga merata
3.      Setelah adonan siap, selanjutnya ambil 1 sdt adonan dan pipihkan kemudian diisi dengan bahan C (bentuk sesuai dengan selera).
4.      Panggang dengan suhu 160 ºC selama 30 menit atau sampai matang
5.      Setelah matang, angkat dan tiriskan agar nastar sedikit lebih dingin. Terakhir, Anda bisa menghiasnya dengan menggunakan white coklat atau royal icing.
6.      Nastar siap untuk dikemas dalam toples kedap udara, dan dipasarkan.

Semoga informasi kue nastar unik jadi ladang bisnis yang menarik, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula untuk segera terjun ke dunia usaha. Selamat mencoba dan salam sukses.

III.           REFRENSI
·         Hasil pemikiran sendiri


KARYA ILMIAH PELUANG USAHA KUE NASTAR UNIK JADI LADANG BISNIS YANG MENARIK KARYA ILMIAH PELUANG USAHA KUE NASTAR UNIK JADI LADANG BISNIS YANG MENARIK Reviewed by Unknown on 03.01 Rating: 5

Tidak ada komentar: